Wednesday 4 December 2013

How Much I love (Logo) Design

Hallo.

What dou you think about "Design"? Menurut Wikipedia, desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata "desain" bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, "desain" memiliki arti "proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru". Sebagai kata benda, "desain" digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata. Proses desain pada umumnya memperhitungkan aspek fungsi, estetik dan berbagai macam aspek lainnya, yang biasanya datanya didapatkan dari riset, pemikiran, brainstorming, maupun dari desain yang sudah ada sebelumnya. Akhir-akhir ini, proses (secara umum) juga dianggap sebagai produk dari desain, sehingga muncul istilah "perancangan proses". Salah satu contoh dari perancangan proses adalah perancangan proses dalam industri kimia.

Pengertian desain secara sederhana menurut saya, yaitu suatu kreativitas baik itu yang berwujud nyata maupun yang tidak berwujud nyata dan memiliki nilai estitika. Darimana sebuah kreativitas tersebut berasal sehingga menghasilkan desain yang unik? Sebuah kreativitas didapatkan dari sejak kita lahir atau yang dapat kita sebut dengan genetik, sehingga kita memiliki darah atau keturunan untuk selalu berusaha mencurahkan kreativitas yang kita miliki dan menghasilkan desain yang unik. Eits tapi tidak mutlak bersumber atas dasar genetik. Kreativitas itu dapat kita miliki dengan mengasah kemauan dan kemampuan kita loh. Menurut saya, desain bidang spesifikasinya masih luas sekali. Seperti desain logo, desain rumah, desain perencanaan event, dan desain lainnya. Ini adalah desain logo hasil karya saya sendiri. Inspirasinya didapat ketika saya melihat hasil karya logo desain teman saya. Sehingga mendorong saya untuk mencoba membuat logo desain untuk karya Art&Design dan logo desain untuk online business saya sendiri. Apa yang dirasakan ketika bisa membuat hasil karya logo desain yang dinikmati sendiri dan akan dinikmati oleh lainnya? Rasanya memiliki kepuasan batin tersendiri ya, bahwa ternyata kita bisa membuatnya dan menghasilkan suatu karya desain. Oh ya sebelum saya mencintai "design", saya sudah terlebih dahulu mencintai "art" atau seni. Saya memiliki hobi menggambar, mewarnai, dan melukis. Hehe. And noowww... I'm learning about logo design. 


Alinda's Art of Paints Colors

Alinda's Art&Design Logo
 
456SPORT's New Logo
It's the 1st Hand Supplier Soccer Jersey

No comments: